Hasil Audit Dana Desa Atualuo, Inspektorat Serahkan Kepada Bupati - Gelora Hukum

Breaking

Jumat, 08 Februari 2019

Hasil Audit Dana Desa Atualuo, Inspektorat Serahkan Kepada Bupati

Nias, Gelora Hukum - Terkait laporan pengaduan masyarakat desa Atualuo Kecamatan Ma'u Kabupaten Nias kepada polres Nias waktu lalu (05/4/2018) melalui PD ORMAS GNPK-RI Kab. Nias (Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia) tentang duga'an korupsi pada pelaksana'an ADD/DD Desa Atualuo TA. 2017 yang di kelolah oleh kepala desa Atualuo kecamatan Ma'u Kab. Nias FONAHA GULO, akhirnya hasil audit pihak inspektorat Kabupaten Nias serahkan kepada Bupati Nias.

Mr Gulo, warga desa Atualuo kepada media gelorahukum.com (22/01/2019) nyatakan bahwa 08 januari 2019 lalu, tim audit dari inspektorat Kab. Nias sempat kami melihat mereka memantau pembukaan badan jalan dari RT 01 menuju RT 04 Dusun 01 Desa Atualuo sumber ADD/DD TA. 2017.

Kami sebagai masyarakat dan juga sebagai pelapor, ada baiknya kalau inspektorat melakukan audit maka kepala desa itu memberitahukan kepada kami agar kami bisa datang pada sa'at audit itu,  karna kami sudah menyampaikan laporan/pengaduan kami di polres Nias sejak 05 April 2018 lalu,  karna terjadinya kekurangan volume pada pembuka'an badan jalan itu, ujar Mr dengan kecewa.

Kadis inspektorat FAO'ARO LAHAGU melalui telepon seluler menjelaskan, pihak inspektorat sudah melakukan audit bersama tenaga ahli tekhnik dari Kabupaten untuk melakukan pengukuran volume pada pembuka'an badan jalan bersumber ADD/DD T.A 2017 Desa Atualuo dan Hasilnya berupa hasil audit sudah di serahkan kepada Bapak Bupati Nias dalam Hal ini Bapak Drs. SOKHIATULO LAOLI, MM untuk menanda tangani.

Menjawab pertanyaan awak media berkaitan jenis temuan, mengatakan temuan pasti ada, namun kami tidak kasitau sekarang karna harus melalui camat dan juga masih belum di tanda tangani oleh Pak Bupati, selain itu kalau pihak penegak hukum membutuhkan hasil audit itu seiring dengan laporan masyarakat, maka kami siap berikan kalau dimintakan, tandas kadis.

Fidelis Gulo tokoh muda desa Atualuo, juga sebagai Tim investigasi ORMAS GERAKAN NASIONAL PENCEGAHAN KORUPSI REPUBLIK INDONESIA (GNPK-RI)  propinsi sumatera utara, meminta Inspektorat Kab.Nias agar hasil temuan itu segera ditindaklanjuti sebab  setiap kali dipertanyakan kepada pihak Polres namun selalu berdalil menunggu hasil Audit dari Inspektorat Kab. Nias.

Bupati Nias SOKHIATULO LAOLI, MM kepada awak media mengatakan, saya akan cek kalau laporan hasil audit dari inspektorat itu sudah sampai di meja saya, kalau sudah saya periksa nanti bagai mana hasil audit itu maka saya tanda tangani. (Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK