Sosok Christian Zebua, Bagian Jati Diri Ononiha - Gelora Hukum

Breaking

Senin, 05 November 2018

Sosok Christian Zebua, Bagian Jati Diri Ononiha

Elisati Hulu alias Ama Ganolo,
bersama
Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM 

Gunungsitoli, Gelora Hukum - okoh masyarakat Nias Utara Elisati Hulu alias Ama Ganolo Hulu yang juga pesiunan PNS (Mantan penili kebudayaan), dicelah menikmati masa pensiunnya (3/11/2018) dikantor DPD Assosiasi Kabar Online Indonesia (AKRINDO) Sisobahili Gunungsitoli, berharap agar para generasi muda kepualauan Nias dapat belajar dan termotivasi dari segudang pengalaman yang terukur dari Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM karena kiprah beliau telah menjadi kebanggaan Ononiha bukan hanya pada skala kedaerahan tetapi juga dalam skala Nasional.

Lanjut Ama Ganolo, gagasan dan karakter yang dimiliki Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM, seolah mengingatkan saya pada tahun tahun 70 hingga tahun 90an, atas semangat para leluhur dalam memelihara dan memupuk rasa persaudaraan di bumi Nias saat itu sangat terasa, semangat kebersamaan, bahu membahu, tolong menolong, saling menompang, saling membebani, saling buka jalan, senang susah tanggungjawab  bersama, yang muda menghargai yang lebih tua, serta memiliki pola pandang jauh kedepan untuk kemajuan Daerah dan masa depan masyarakat dan generasi yang akan datang, vilosofi “AOHA NORO NILULUI WAHEA  AOHA NORO NILULUI WAOSO, ALISI TAFADAYA DAYA HULU TAFAWOLO WOLO” benar benar terjadi disaat itu. 

Diumur saya yang hampir 71 tahun ini, dari sejumlah tokoh sukses putra dari kepulauan Nias yang telah saya temui bisa dihitung jari pemilik Visioner terukur, dengan bukan hanya berpikir untuk kepentingan diri sendiri tetapi utama kepentingan masyarakat secara utuh, secara peribadi mengakui karakter yang dimiliki Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM utama masuk deretan Tokoh Visioner  hitung jari di maksud, ungkap Ama Ganolo.

Selain itu kita harus mengakui,  keuletan, kecekatan, kecerdasan yang dimiki selama berkarir didunia Militer cukup diperhitungkan, hingga puncak karirnya mencapai Mayjen, untuk mencapai karir itu tidak gampang selain tuntutan displin yang tinggi, harus memiliki kemampuan dan karakter yang teruji, apa lagi selama berkarir  sedikitpun tidak pernah kita dengar sikapnya yang membuat tercoreng nama baik Ononiha, bahkan sebaliknya kebanggaan kita Ononiha terus mengalir walaupun dengan usahanya sendiri, urai Ama Ganolo.

Pertemuan singkat saya dengan Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM cukup sangat mengesankan, seolah mengingatkan saya fakta peradaban  Ononiha pada masa lalu, beliau titip pesan agar masyarakat kita lebih Vokus melakukan membinaan dini terhadap anak – anak kita mulai dari nutrisi makanan, kesehatan, karena mereka wajib dipersiapkan sebagai masa depan Nias,  juga berharap agar pola pikir masyarakat kita yang terkontaminasi memicu sikap individualis diharuskan ditinggalkan, sebab sikap seperti itu hanya membuat kita tercerai berai yang pada gilirannya menghilangkan rasa kasih antar sesama, tetapi Karakter Keimanan, Kecerdasan dan Keteguhan untuk menjalankan kebaikan untuk kepentingan bersama harus menjadi prioritas. (Timred)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK