Diskusi Antara Kapoldasu dengan Firman Jaya Daeli Berlangsung Hangat - Gelora Hukum

Breaking

Senin, 17 September 2018

Diskusi Antara Kapoldasu dengan Firman Jaya Daeli Berlangsung Hangat

Fiman Jaya Daeli, SH (kanan) dan Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto (Kiri)
Medan, Gelora Hukum - Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto sedang bertemu dan berdiskusi lama dan hangat dengan Firman Jaya Daeli (mantan Komisi Politik Dan Hukum DPR-RI), di ruang Kapolda Sumut, di Medan, Senin, (17/9/2018). Ada beberapa kasatker (pejabat utama/staf mabes Polri) dan beberapa kasatwil (Kapolda) yang terkena mutasi dan promosi jabatan.

Jiwa dan semangat pergantian dan pengisian ini pada dasarnya berbasis pada penguatan institusi Polri dan pemantapan kepemimpinan puncak Polri serta berorientasi pada peningkatan dan perluasan konsolidasi dan reformasi pemeliharaan keamanan nasional dan ketertiban umum; konsolidasi dan reformasi penegakan hukum dan keadilan yang profesional dan akuntabel ; konsolidasi dan reformasi perlindungan publik dan pelayanan masyarakat. Di antaranya, antara lain : Irjen Pol. Agus Andrianto (lulusan Akpol 1989) menjadi Kapolda Sumut (tipe A lama).

Dalam sejarah kepolisian khususnya Polda Sumut, Agus Andrianto memecahkan rekor dan mematahkan mitos mengenai jalur jabatan dan jenjang kepangkatan kepemimpinan Polda Sumut. Irjen Pol. Agus Andrianto masih dalam masa jabatan Wakapolda Sumut (bintang satu/Brigjen) langsung dipromosikan menjadi Kapolda Sumut (bintang dua/Irjen).

Biasanya Kapolda Sumut sejak bertipe A selalu dijabat oleh perwira tinggi yang sudah duluan sebelumnya menyandang bintang dua (Irjen) dan setidaknya pernah menjabat sebelumnya sebagai Kapolda tipe B.  Hanya Edi Sunarno (lulusan Akpol 1974) yang masih dalam masa jabatan Wakapolda Metro Jaya saat itu dengan pangkat Brigjen, dan tidak pernah sebelumnya menjabat Kapolda, langsung dipromosikan ketika itu menjadi Kapolda Sumut, di sekitar tahun 2002 atau 2003.

Tentu dan pasti ada pertimbangan taktis dan strategis dari pimpinan Polri (Kapolri) untuk menempatkan Irjen Pol. Agus Andrianto menjadi Kapolda Sumut. Penulis juga sudah kenal baik dan lama, bahkan sering berdiskusi hangat dan dinamis dengan Irjen Pol. Agus Andrianto. Figur Irjen Pol. Agus Andrianto tergolong solider, berkomitmen, berani, tegas, keras, tertib, teguh, tidak kenal kompromi. Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto menjadi the rising star lulusan Akpol 1989. Irjen Pol. Agus Andrianto tergolong merah putih, loyal tegak lurus, memiliki program dan konsep yang melekat dan menyatu dengan pimpinan Polri dan Negara.

Irjen Pol. Agus Andrianto sudah lama berkarir dan bertugas di wilayah hukum Polda Sumut sejak perwira pertama dengan spesialisasi reserse. Irjen Pol. Agus Andrianto telah lulus mengikuti semua jalur dan jenjang sekolah pendidikan dan pelatihan di lingkungan Polri (PTIK, Sespimmen, Sespimti). Irjen Pol. Agus Andrianto sangat memahami dan menguasai situasi dan kondisi lapangan, permasalahan, dan tantangan wilayah Sumut, juga memiliki banyak relasi dan jaringan luas. (Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK