Rabu, 03 Maret 2021

Kades Marendal II Meresmikan Pos Kamling dan Memberikan Peralatan Ronda Malam



DELISERDANG,  GELORA HUKUM - Dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), warga Kampung Baru Dusun II Desa Marendal II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang  menggelar acara peresmian Pos Kamling ,Rabu (3/3/2021) malam.Hebatnya, pembangunan pos kamling yang baru diresmikan itu merupakan sumbangan dari swadaya masyarakat.

Poskamling yang diberinama "MELATI 234" diresmikan secara langsung oleh Kepala Desa (Kades)  Desa Marendal II Jupriantono dengan didampingi  Bhabimkantibnas Desa Marendal II Desmon Nainggolan  , Kadus II Desa Marendal II Mariono,Pengurus BPD Desa Marendal II,Ketua Pos Kamling Hari Hartoyo beserta jajarannya,PPRC,FKPM dan Masyarakat

Kepala Desa Marendal II Jupriantono dalam sambutan dan arahannya mengatakan, Keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, guna mewujudkan harapan masyarakat, dalam meningkatkan kenyamanan dan ketertiban masyarakat warga Dusun II.

"Salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan, kekompakan warga masyarakat Dusun II,Desa Marendal II ini patut diacungi jempol, sadar dengan keamanan lingkungan di tingkat Dusun ," Ucap Jupriantono.

Menurutnya,Saat ini angka kriminalitas sangat tinggi di kalangan masyarakat seperti Pencurian ,Peredaran Narkoba,Begal dan kejahatan lainnya.Sehingga perlunya kesadaran masyarakat untuk menciptakan bagaimana memberikan rasa Aman dan Nyaman di lingkungannya diantaranya dengan mendirikan Pos Kamling.

"Untuk itu perlu kesadaran masyarakat untuk saling memberi informasi dan tukar pikiran jika ada hal-hal yang sangat mencurigakan didalam lingkungan masyarakat,"Ucapnya.

Lebih lanjut,Jupriantono menegaskan jangan sampai ada peredaran Narkoba di lingkungan Dusun II karena bisa merusak dan membahayakan tatanan kehidupan buat keluarga terutama buat anak-anak.

"Kita mengharapkan bersama jangan sampai ada peredaran narkoba di lingkungan kita,karena bisa merusak kehidupan dan membuat kita miskin.Mungkin kita sudah mendengar  di Pasar 12 tepatnya di Tower sering terjadi peredaran narkoba,Untuk itu kita menjaga jangan sampai masuk ke lingkungan kita,Karena bisa saja para pengedar Narkoba bergeser atau pindah ke lingkungan kita.Kalau ada satu saja yang tinggal dilingkungan kita sebagai pengedar narkoba ,Masyarakat harus saling memberi informasi dan bila perlu diusir dari lingkungan kita,"imbaunya.

Selain itu,Juprianto akan mengundang Kapolsek Patumbak atau Wakapolsek untuk datang melihat dan bersama warga di Pos Kamling Yang ada di Dusun II Desa Marendal II.

"Dalam setahun minimal 2 kali kita akan mengundang Kapolsek untukhadir bersama kita,Sehingga pembinaan itu tidak hanya ditingkat Desa namun di tingkat Kapolsek,"Ujar Juprianto mengakhiri. 

Sedangkan Bhabimkantibnas Desa Marendal II Desmon Nainggolan  dalam arahannya menyampaikan, Agar seluruh elemen masyarakat  saling bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing. 

“Keamanan bukan hanya tugas dari unsur keamanan saja seperti TNI-POLRI, tetapi kita semua memiliki hak dan peranan penting dalam menciptakan keamanan ini. Rasa aman harus dirasakan oleh seluruh masyarakat secara luas, karena keamanan adalah hak hakiki dari seluruh elemen masyarakat yang harus dimiliki oleh seluruh insan manusia,” tuturnya.

Selanjutnya,Desmon Nainggolan menghimbau  bagi warga supaya waspadai dan cermati dengan bijak seluruh informasi yang ada. Sebagai perpanjangan tangan unsur keamanan dilingkungan masyarakat, harus mampu dan saling bersenergi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada dilingkungan dalam menciptakan keamanan dan Kenyamanan di Dusun II Desa Marendal II.

 
“Waspadai berita Hoax, hati-hati berkomentar, hati-hati menyikapi beredarnya informasi yang ada dimasyarakat dan informasi yang ada di media sosial. Tingkatkan peran bapak-bapak dalam fungsi keamanan, cek kebenaran cek keasliannya, bapak-bapak saling berkoordinasi dan saling bertukar informasi dengan para Bhabinkamtibmas yang ada di Desanya, agar tidak menimbulkan rasa cemas maupun masyarakat terprovokasi oleh informasi yang tidak benar. Berita hoax bisa menghancurkan sebuah Negara yang damai sekalipun, apabila tidak disikapi dengan bijak, mari saling mendukung, saling bergandengan tangan, mari bersama kita ciptakan keamanan dan ketertiban secara khusus dilingkungan kita,"Tutupnya.

Ketua Pos Kamling "MELATI 234" Dusun II Desa Marendal II Hari Hartoyo dalam sambutannya, Mengucapkan terimakasih kepada Kades Desa Marendal II beserta jajarannya,Polsek Patumbak dan seluruh warga Dusun II yang telah hadir dalam acara peresmian Pos Kamling pada malam hari ini.

"Saya juga berterima kasih kepada Pemerintah Desa Marendal II ,Polsek Patumbak dan terkhusus buat seluruh warga Gang Mahoni II dan III serta Gang Baru II dan III yang telah memberikan bantuannya baik secara pikiran ,tenaga maupun materi dalam membentuk dan berdirinya bangunan Pos Kamling,"Ucap Hari Hartoyo yang juga sebagai penggiat sosial masyarakat.

Yang membanggakan lagi, pembangunan pos kamling yang baru diresmikan ini merupakan murni sumbangan swadaya masyarakat. "Kami sangat bangga sebab berdirinya bangunan ini atas kesadaran masyarakat serta kepedulian terhadap keamanan dan kenyamanan, terlebih lagi anggaran bangunan pos kamling ini merupakan sumbangan dari swadaya masyarakat," Ujarnya.

Dalam Acara Peresmian Pos Kamling,Kades Desa Marendal II Jupriantono memberikan peralatan untuk ronda malam, Diantaranya 1 Unit HT, 1 Galon Air dan 1 buah senter.Adapun susunan pengurus Pos Kamling "MELATI 234" sebagai Ketua Hari Hartoyo,Wakil Ketua Prayogi,Sekretaris Parso Dimojo,Bendahara Patan. (Antoni Pakpahan)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda