Rampinas Pemuda Katolik Resmi Dibuka Menko Perekonomian - Gelora Hukum

Breaking

Selasa, 17 November 2020

Rampinas Pemuda Katolik Resmi Dibuka Menko Perekonomian


JAKARTA, GELORA HUKUM – Dalam rangka menyambut Dies Natalis Pemuda Katolik ke -75. Pemuda Katolik Pengurus Pusat, Komisariat Daerah (Komda) dan Pengurus Komisariat Cabang se – indonesia, mengikuti secara virtual Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rampimnas) I Pemuda Katolik 2020 dibawah sorotan Tema :  “Menciptakan Kader Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju”  pada Sabtu (14/11/2020).

Rapimnas I Pemuda Katolik tersebut dibuka oleh Menteri Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Pengurus Komda serta Komisariat Cabang (Komcab) se- Indonesia.

Selain itu hadir dan menyampaikan sambutan adalah, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Somodro, Mgr. Iqnatius Kardinal Suharyo, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian dan Menteri Agama RI, Fuchrul Raz.

Ketua Umum Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa dalam sambutannya mengatakan, tahun ini adalah tahun spesial, bagi pemuda katolik yang telah berumur ke 75 tahun, pada 15 November 2020.

Untuk itu 75 tahun ini menurutnya, menjadi bahan refleksi bagi Badan Pengurus Pemuda Katolik dalam melakukan transformasi organisasi khusus berkaitan dengan pengembangan dan pembinaan kader Pemuda Katolik kedepan terutama memasuki 1 abad Indonesia Merdeka,” jelasnya

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, juga menyampaikan selamat Dies Natalis Pemuda Katolik ke 75 tahun serta mengulas sejarah perjuangan Pemuda Katolik.

“Kita tahu Jakarta dan Pemuda Katolik dalam proses meraih kemerdekaan punya catatan bersama. Kita menyadari cikal bakal organisasi kaum muda Katolik pertama kali didirikan di Indonesia adalah Katholieke Jongelingen Bon KJB yaitu sekitar November 1914 di Kota Jakarta ini, waktu itu masih disebut Batavia. Dan juga kita menyadari kontribusi KJB ini menjadi lebih terlihat lagi ketika pembebasan kongres pemuda kedua yang diadakan di gedung KJB yang sekarang dikenal dengan Aula Gereja Katedral Jakarta, yang waktu itu pengamanannya oleh pihak Belanda begitu ketat” terang Anies

Meskipun begitu lanjut Anes, tidak menggentarkan niat para pemuda di dalamnya untuk tetap memikirkan kata merdeka, sehingga rapat itu berlanjut sampai akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda. 

Olehnya itu Kata Anes,  kini sudah saatnya menjadi tugas kita semua seluruh masyarakat termasuk Pemuda Katolik untuk meneruskan tradisi perjuangan ini.

Disamping itu, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Somodro dalam sambutannya, kembali mengingatkan Tokoh Nasional Pemuda Katolik, yang salah satunya Frans Seda “ untuk jadilah Katolik Sejati” maksudnya agar tidak hanya giat disekitar Gereja atau Altar saja, tetapi harus terjun langsung ke masyarakat dan memberikan kontribusi berharga serta berdampak nyata khusus bangsa Indonesia.

Menurutnya, tidak cukup hanya bersikap prihatin pada umat Katolik dan masyarakat yang sedang berkesusahan, tidak perna cukup dengan seminar di ruang-ruang ber AC dan tidak perna cukup dengan sumbang saran saja, tapi yang diperlukan adalah langka nyata, tindakan kongkrit yang berdampak bagi kehidupan masyarakat, itulah yang diharapkan oleh Frans Seda. 

“untuk jadilah Katolik Sejati” maksudnya agar tidak hanya giat disekitar Gereja atau Altar saja, tetapi harus terjun langsung ke masyarakat dan memberikan kontribusi berharga serta berdampak nyata khusus bangsa Indonesi. Menurutnya, tidak cukup hanya bersikap prihatin pada umat Katolik dan masyarakat yang sedang berkesusahan, tidak perna cukup dengan seminar di ruang-ruang ber AC dan tidak perna cukup dengan sumbang saran saja, tapi yang diperlukan adalah langka nyata, tindakan kongkrit yang berdampak bagi kehidupan masyarakat, itulah yang diharapkan oleh Frans Seda.

Sedangkan Mgr. Iqnatius Kardinal Suharyo juga menyampaikan selamat melaksanakan Rapimnas I Pemuda Katolik 2020, Tuhan memberkati dan menunjukan jalan bagi Ormas Katolik, agar cita-cita Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju bukan hanya sebagai semboyan tetapi sunggu menjadi langka-langka maju lewat gerakan-gerakan yang nyata.

Dikesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, memaparkan bahwa, peran organisasi kepemudaan sangat penting untuk mensukseskan Program Pemerintah. Tito berharap Pemuda harus mampu membawa peran yang positif.

Momentun Rapimnas dan Dies Natalis Pemuda Katolik ke 75 tahun, Pemuda Katolik dapat menyusun program kerja yang dapat menunjukan peran Pemuda dalam pembangunan serta berperan aktif menjawab tantangan bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. “Pro Bono Publico, untuk kebaikan masyarakat”pungkasnya.

Ucapan dan pesan senada juga disampaikan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Agama RI, Fuchrul Raz dan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto sekaligus membuka Rapimnas I Pemuda Katolik 2020. (Tim/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK