Mengintip Keseruan Acara Gathering Nasional TurunTangan - Gelora Hukum

Breaking

Minggu, 10 November 2019

Mengintip Keseruan Acara Gathering Nasional TurunTangan

JAKARTA, GELORA HUKUM - (8/11/ 2019), Gathering Nasional TurunTangan dilaksanakan di Jakarta dari 6-10 November 2019. Agenda besar tahunan ini mempertemukan 120 relawan yang tersebar dalam 53 daerah di Indonesia. 

Turuntangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Sebanyak 53 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak dengan 107 gerakan kerelawanan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan. Tercatat ada sebanyak 53.000 relawan yang telah memilih terlibat.Tujuan Gathering nasional adalah mempererat dan memperkuat pergerakan delegasi Relawan TurunTangan dari seluruh daerah. 

Rangkaian acara Gathering Nasional telah memasuki hari ketiga. Pada hari ini relawan dari seluruh Indonesia diajak bermain dan berkeliling Jakarta melalui kegiatan “Amazing Race”. Relawan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil secara acak, sehingga antar daerah dapat mengenal satu sama lain. Kekompakan tim sangat diuji dalam setiap permainan yang diberikan. Siapa yang berhasil menyelesaikan misi lebih dulu maka dia lah yang jadi pemenangnya.

Mereka memulai alur permainan dari Museum Nasional Indonesia, lalu Monumen Nasional, dan yang terakhir adalah Taman Lapangan Banteng. Teriknya Ibu Kota tidak menyurutkan antusiasme relawan untuk mengikuti kegiatan ini. Mengenakan baju merah, yel-yel mereka nyaring terdengar saat mereka unjuk gigi dalam setiap tantangan.

“Seru banget acara amazing race tadi, peserta relawan semuanya bersemangat untuk memenangkan lomba. Game yang sederhana tapi bisa kocak dan mengena banget. Senang sekali melihat kerecehan mereka. Saya sangat apresiasi kepada panitia yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara ini,” Kata salah satu relawan yang mengikuti acara.

Malamnya, relawan berkumpul dalam acara gala dinner bersama di rumah dinas gubernur DKI Jakarta. Acara ini dihadiri pula oleh Gubernur DKI, Jakarta, Anies Baswedan. Mereka berdiskusi dan mendapatkan banyak pesan-pesan positif dari Bapak Gubernur sekaligus inisiator gerakan TurunTangan.

Anies Baswedan berkata, “Menurut saya leadership itu harus menempatkan diri kita apa adanya dan menumbuhkan kebiasaan diri pribadi. sehingga saat memimpin itulah pribadi anda. Oleh karena itu, kebiasaan-kebiasaan baik harus ditumbuhkan sebelum menjadi pemimpin. Jangan kejar posisi, tapi kejar potensi untuk berkembang. jika anda capable, anda akan tetap mempesona di posisi manapun.”

Setelah bercengkerama dengan Anies Baswedan, acara dilanjutkan dengan gala dinner dan diskusi bersama tentang pengembangan gerakan di TurunTangan daerah. Diskusi tersebut meliputi keberlangsungan gerakan dan pengembangan project, bisnis dan fundraising, akademi relawan, serta branding dan sosial media. 

Gathering Nasional kali ini mengusung tema "Relawan itu Pahlawan" harapannya para relawan dapat terinspirasi, belajar, dan meneladani nilai-nilai kepahlawanan. (EZL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK