Gubernur Edy Rahmayadi Sambut Pengungsi Wamena Asal Sumut - Gelora Hukum
IKLAN

Breaking

Rabu, 09 Oktober 2019

Gubernur Edy Rahmayadi Sambut Pengungsi Wamena Asal Sumut

MEDAN, GELORA HUKUM – Gubernur sambut pengungsi Wamena asal Sumut,pastikan keberlanjutan sekolah dan penghidupan Keluarga. 36 orang warga Sumatera Utara (Sumut) yang menjadi korban bencana sosial di Wamena, Papua, tiba di Kota Medan, Rabu (9/10). 

Mereka disambut langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan dijamu makan, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan. “Yang hadir hari ini ada 14 orang (dari Surabaya) ditambah 22 orang (dari Jakarta, jumlah 36 orang, yang belum kembali masuh 264 orang. Mereka akan naik kapal, 10 hari akan sampai, di pelabuhan Belawan,” ujar Gubernur menjawab wartawan. 

Lanjut Gubernur, para pengungsi berjumlah 133 orang, memutuskan untuk tetap tinggal di Papua, saat ini para warga asal Sumut itu, masih ditampung di sejumlah posko pengungsi di Jayapura. Menunggu kondisi memungkinkan untuk kembali lagi ke Wamena, sedangkan untuk warga Sumut yang sudah kembali, Gubernur ingin memastikan agar semuanya dilayani dengan baik, diurus segala keperluan kehidupannya. 

Yang terpenting, kata Edy, adalah keberlanjutan anak sekolah serta mata pencahariannya, bagi yang memungkinkan bisa dibantu, akan difasilitasi oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota tujuan tinggal, prioritas utama adalah anak sekolah, kita siapkan pakaian, buku dan keperluan lainnya. Jadi jangan sampai putus (sekolah), kata Edy.

Kita lihat masing-masing daerah bagaimana mereka memfasilitsi, sebutnya, sementara upaya bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) ini didukung oleh DPRD Sumut. Langkah tersebut juga dinilai telah sesuai harapan pada anggota dewan, dimana Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting langsung merespons bahwa pembiayaan penanganan bencana sosial ini, ditampung di APBD Perubahan 2019  sesuai harapan kita, jadi kita mendukung Pemprov menangani masalah ini, kalau anggaran tidak ada, nanti kita minta di P-APBD 2019 untuk dimasukkan menanggulangi bencana, kata Baskami.

Personil pengungsi Wamena yang diterima di kantor Gubernur Sumut diantaranya Mardelina Manurung (40) mengaku senang telah diurus dengan baik untuk kepulangan mereka ke Sumut. Dirinya pun berharap, pemerintah daerah bisa memberikan bantuan berupa pakaian dan keperluan sekolah. Mengingat saat akan berangkat ke Medan, mereka hanya membawa bekal seadanya. “Saya pulang ke sini bersama anak (tiga orang) pak, suami saya tinggal di Wamena, karena bertugas di Polres Wamena. Kalau boleh kami pindah ke Sumut,” pinta Mardelina kepada Gubernur. Pengakuannya bahwa sebelum kerusuhan, mereka juga sudah menerima isu tentang akan ada demonstrasi besar terkait berbagai persoalan terkini, tetapi karena dianggap hanya isu, maka mereka tidak terlalu memikirkan lagi. 

Namun pada 23 September 2019, kerusuhan justru terjadi saat kondisi tengah kondusif, saat itu sebagian ada yang kita tampung di rumah saya, karena kami kan tinggal di Aspol (Asrama Polisi), jadi yang datang ini, sebagian besar mengungsinya di rumah kami, dan masih banyak yang belum pulang, sebagian berada di rumah kami di Wamena, jelas Boru Manurung, yang bertugas sebagai ASN di Puskesmas Wamena dan telah menetap 15 tahun di sana. 

Selain Mardelina yang berasal dari Tiga Balata Simalungun, warga lainnya asal desa yang sama Diar Sahata Samosir (37) mengaku masih ingin kembali ke Wamena, sebab hingga terakhir meninggalkan rumah sekaligus usahanya di sana, masih memungkinkan untuk kembali. 

Saya sempat juga kena lemparan batu, waktu itu banyak anak SMA yang demo lewat dari depan kios kita, ada juga sebagian yang dijarah, tetapi kejadian pembakaran (mobil dan fasilitas lain) itu dibagian pusat kota, sebut Diar. 

Selain pemulangan warga dari Surabaya dan Tanjung Priok, Tim Sumut Peduli Wamena yang terdiri atas BPBD, Dinas Perhubungan, Kesbanglinmas, Dinas Sosial dan Biro Humas dan Keprotokolan, juga akan memulangkan 250 warga Sumut, Jumat (11/10), dari Pelabuhan Jayapura (Papua) menuju Pelabuhan Belawan (Medan). Jumlah 264 orang itu berasal dari dua pokso pengungsian di Jayapura. Yaitu posko pengungsian di Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII/Cenderawasih di Sentani dan posko Kementerian PU di Tanah Hitam. Perjalanan menggunakan jalur laut dengan Kapal Pelni melalui rute Jayapura – Tanjung Priok – Belawan, diperkirakan memakan waktu 10 hari. 

Seluruh proses pemulangan warga Sumut dari Papua difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, termasuk tiket dan kebutuhan lainnya selama dalam perjalanan, ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Riadil Akhir Lubis, Rabu (9/10). 

Tim Pemprov Sumut, juga akan memberangkatkan sebanyak 133 pengungsi warga Sumut dari Jayapura ke Wamena, Kamis (10/10), dengan Pesawat Hercules yang difasilitasi Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM MTr (Han) dan Kemensos RI. “Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Danlaud dan berbagai pihak lainnya, yang turut membantu proses evakuasi warga Sumut di Papua,” ujarnya Riadil. 

Riadil juga menyebutkan, berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Pemprov Sumut bersama Rindam dan Korem di 6 posko penampungan pengungsi di Papua, tercatat jumlah warga Sumut korban kerusuhan Wamena berjumlah 651 orang. Selain dipulangkan ke Sumut, sebagian warga ada yang mengungsi/eksodus secara mandiri ke provinsi lain. “Selain memfasilitasi pemulangan warga Sumut ke Medan dan memberangkatkan kembali ke Wamena, Tim Pemprov Sumut juga memberikan bantuan logistik kepada pengungsi selama di posko pengungsian. Kondisi kesehatan warga Sumut di pengungsian, baik-baik saja dan logistik cukup. Tim masih berada di Jayapura/Sentani sampai pemulangan/pemberangkatan warga Sumut ke Belawan selesai. (EZL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK