CEO Tokopedia : Bantu Besarkan Pengusaha Desa Jadi Pengusaha Nasional - Gelora Hukum

Breaking

Jumat, 11 Oktober 2019

CEO Tokopedia : Bantu Besarkan Pengusaha Desa Jadi Pengusaha Nasional

JAKARTA, GELORA HUKUM - Populasi penjual di Tokopedia berkembang pesat, Pada 2018, tercatat sebanyak 5 juta pengguna yang berperan sebagai penjual.  Kemudian pada 2019, populasi penjual naik menjadi 6,4 juta.  Para penjual di Tokopedia sebesar 86,55%  merupakan pedagang baru dan 94% termasuk dalam kategori ultara mikro (penjualan dengan omzet di bawah Rp 100 juta per tahun).

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengaku belum tertarik untuk merambah pasar internasional dalam waktu dekat ini.

Saat ini, salah satu unicorn asal Indonesia itu, masih fokus mengembangkan pasar dalam negeri.

“Tokopedia punya 90 juta pengguna. Kami melihat bahwa potensi terbesarnya ada di masyarakat pedesaan. Jadi strategi berikutnya kami akan go local, bukannya go global,” ujar William di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

“Kalau Tokopedia bisa bantu pengusaha desa jadi pengusaha nasional ini akan jadi ruang pertumbuhan berikutnya. Kami menargetkan hingaa 10 tahun ke depan Tokopedia bisa berkontribusi hingga 5 persen dari perekonomian di Indonesia,” ucap dia. (EZL)

Sementara Menkeu Sri Mulyani mengatakan bahwa ekonomi berbasis digital telah mengubah wajah ekonomi Indonesia.  Unicorn seperti Tokopedia berkembang luar biasa cepat dan besar di Indonesia karena dukungan infrastruktur baik terhadap capital,  market,  dan informasi.

Digital platform yang dibangun oleh Tokopedia  bisa memberi solusi   contohnya, membayar pajak, semudah membeli pulsa.

"Sepuluh tahun hingga 100 tahun ke depan Tokopedia tidak hanya menjadi unicorn melainkan decacorn yang berdampak pada pemerataan ekonomi yang merata,  bertumbuh dan berkembang serta berkeadilan",  ujar Sri Mulyani. (EZL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK