Bung Karno Hatta: Kepulauan Nias Berjasa Untuk Indonesia Raya - Gelora Hukum

Breaking

Rabu, 24 Januari 2018

Bung Karno Hatta: Kepulauan Nias Berjasa Untuk Indonesia Raya

Foto Saat Presiden Pertama RI Bung Karno bersalaman dengan Bupati Nias P.R Telaumbanua, di saat kujungan khusus di Kepulauan Nias pada awal tahun 50an. 

Jakarta, Gelora Hukum - Bapak Proklamator dan Presiden pertama RI Bung Karno mengunjungi Kepulauan Nias (Kepni) selama beberapa hari di awal tahun 1950 an. Kunjungan ini bersifat khusus dan sangat monumental sebagai wujud janji komitmen mendatangi Kepni dari pemerintah RI serta Bung Karno dan Bapak Proklamator dan wakil Presiden pertama RI Bung Hatta.

Sebelumnya, Bung Hatta mengunjungi Kepni tahun 1950 sekembali menghadiri konferensi meja bundar (KMB) di Negeri Belanda. Menurut Firman Jaya Daeli, kunjungan dari kedua Proklamator adalah agenda kenegaraan pemerintah RI beserta Bung Karno & Bung Hatta untuk menghormati & menghargai Jasa Perjuangan-pengorbanan warga dan daerah kepni yang berhasil gemilang merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Juga mengapresiasi posisi tegas dan peran penting warga dan daerah kepni yang telah menunaikan tugas dan tanggungjawab strategis mendukung secara moral dan material sepenuhnya perjuangan pemerintah RI mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Hal ini berdasarkan keterangan sejumlah sumber dan tulisan P.R. Telaumbanua (bupati kepni periode 1946-1954). P.R. Telaumbanua adalah putra kelahiran dan keturunan kepni, pernah menjadi : Ketua Komite Nasional Indonesia (KNI) daerah kepni (semacam parlemen) ; Bupati Kepni dalam usia 27 Tahun ; pejabat di pemerintah provinsi sumut ; Residen Sumatera Timur ; Walikota Medan ; Gubernur Sumut Dalam Usia 46 Tahun ; Pejabat tinggi di kemendagri ; Anggota DPR-RI dan MPR-RI. Tampak dalam foto, saat Bung Karno mengunjungi Kepni (awal tahun 1950-an) didampingi sahabat dekat Bung Karno yaitu P.R. Telaumbanua (bupati kepni saat itu) bersama pejabat Negara dari pemerintah Nasional RI dan pemerintah daerah sumut sedang disalami anta Atmadja/So Kien Hoat (salah seorang pengusaha terkemuka di kepni saat itu).

Selanjutnya, Presiden RI Jokowi mengunjungi Kepni, Agustus 2016. Presiden Jokowi sebelum dan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan dimediasi dan difasiltasi Firman Jaya Daeli pernah bertemu dan berdiskusi beberapa kali dengan warga DKI Jakarta asal Kepni, bahkan pernah mendukung nyata kegiatan. Presiden Jokowi memaknakan dan menjabarkan kunjungan khusus dan monumental Bung Karno dan Bung Hatta beserta apresiasi pemerintahan RI di awal kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan Kepni saat pra dan pasca kemerdekaan RI, dalam bentuk pemajuan warga dan pembangunan daerah kepni.


Bermakmur dan bersejahtera Kepulauan Nias dan daerah-daerah di tengah masyarakat Bhinneka Tunggal Ika dalam wadah NKRI ; Berdaulat dan berdikari Indonesia raya yang berideologi Pancasila dan berkonstitusi UUD 1945”. [A1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK