Mei Generasi Zebua , Imbau Masyarakat Dukung Program Kesehatan Catin - Gelora Hukum
IKLAN

Breaking

Senin, 30 Mei 2022

Mei Generasi Zebua , Imbau Masyarakat Dukung Program Kesehatan Catin

GUNUNG SITOLI, GELORAHUKUM -
Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli melalui UPTD Puskesmas Idanoi Tolamaera meprogramkan salah satu konseling dan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin (Catin) untuk menciptakan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera. 

Tujuan program itu untuk melakukan deteksi dini penyakit keturunan, seperti homofilia, thalasemia, ataupun penyakit menular seksual, serta HIV/AIDS yang bisa berdampak pada kehidupan catin dan anak-anak nantinya. 

Hal ini disampaikan Mei Generasi Zebua sebagai Kepala UPTD Puskesmas Idanoi Tolamaera, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Sabtu (28/05/2022).

Dijelaskannya, pelayanan pemeriksaan kesehatan Calon pengantin (Catin) ini telah melaksanakan sosialisasi melalui rapat lokal karya mini lintas sektoral di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi serta penanda tanganan lintas sektor bersama tokoh agama untuk mendukung program pelayanan kesehatan Catin diwilayah Puskesmas Idanoi Tolamaera sekira tiga bulan yang lalu.

"Sampai saat ini belum ada yang mengabari kami di Puskesmas adanya pelayanan kesehatan Catin, "Ujarnya.

Mei Generasi Zebua menyatakan proses screening kesehatan catin ini meliputi pemeriksaan umum bagi calon penganten untuk deteksi dini terhadap penyakit penyakit menular dan tidak menular antara lain pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan badan ideal, pemeriksaan HB, pemeriksaan Hepatitis B dan tes HIV. 

Selain itu juga, melalui proses tersebut dapat memberikan edukasi kesehatan reproduksi kepada calon penganten untuk dapat mempersiapkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera serta dengan mendorong untuk memprogramkan mengikuti Keluarga Berencana (KB). 

"Kami menghimbau masyarakat dan pihak gereja dapat mendukung program pelayan kesehatan Catin dan jangan pernah ada rasa kekhawatiran serta keraguan atau praduga negatif karena ini hanya upaya untuk memastikan catin sehat dengan mendeteksi penyakit tidak menular, "Ucapnya.

Dianya juga menilai screening kesehatan Catin ini dapat berperan dalam menciptakan keluarga yang sehat, serta akan menciptakan kualitas keluarga yang lebih baik di masa depan.

"Jika terdeteksi dapat segera di tindaklanjuti dengan pemeriksaan dan pengobatan ke tingkat yang lebih tinggi serta memastikan bahwa dalam hal screening ini, Pihak Puskesmas akan tetap menjaga kerahasiaan atas hasil pemeriksaan Catin, "Pungkasnya.(Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK