Rindu Pemimpin Visioner Dan Berintegritas Menyongsong Pileg 2020 - Gelora Hukum

Breaking

Sabtu, 28 September 2019

Rindu Pemimpin Visioner Dan Berintegritas Menyongsong Pileg 2020

Oleh: Romo A Aron Waruwu, OSC


NIAS BARAT, GELORA HUKUM - Kerinduan masyarakat Nias  Barat mendapatkan  sosok  Putra  Aekhula terbaik sebagai kepala daerah ke depan semakin menggema. Beberapa nama mulai diperbincangkan dan digadang-gadang, Dari sekian orang yang difigurkan itu  mulai kelihatan yang sungguh2 dan ada jg yg sedang  berkonsolidasi. Kita tunggu saja siapa  Balon yg akan muncul.

Saat ini saya lebih tertarik melirik peran partai politik di perhelatan Pilkada 2020 nanti.

Partai politik  menjadi perahu para bakal calon. Selain jalur independent, partai yg memiliki kursi di DPRD Nias Barat memiliki power menerima atau menolak balon yg mendaftar lewat partainya. Ada partai yg sdh bisa mengusung balonnya sendiri karena kuotanya mencukupi tetapi ada juga partai yg harus berkoalisi untuk mengusung calonnya.

Pada situasi seperti sekarang ini  ditunggu peran strategis partai politik mengusung calon yg Visioner Dan Berintegritas. Sebagai legitimasi wakil rakyat,  anggota DPRD dari setiap partai serta merta ikut menentukan dan menjaga marwah kepercayaan rakyat yg ada di tangan mereka.

Persoalannya adalah apakah partai politik berpihak pada kepentingan rakyat?

Beberapa hal bisa disebutkan indikatornya.
1. Apakah partai politik meminta mahar kepada  balon dari kadernya sendiri atau non kadernya? Mahar ini menjadi salah satu penyebab tingginya biaya politik.

2. Apakah partai politik legowo dan arif untuk menjaring figure balon di luar kadernya yg memenuhi kriteria dan harapan rakyat? Karena figure Putra Aekhula yg baik dan layak  ada juga yg tidak berafiliasi pada salah satu partai.

3. Screening Balon secara genuine, menyeleksi balon yg mendaftar lewat partainya  secara murni sampai ketemu balon yg kredibel, Berintegritas, berkomitmen dan Visioner.

Bargaining politik sering kali menjadi celah bagi partai politik untuk melupakan marwah rakyat, karena terjebak dalam kepentingan sesaat dan sektarian, tentu saja masih bisa kita sebutkan beberapa indikator lain yg lebih spesifik.

Di tangan partai politik sekarang sedang bergulir bola api. Kita simak saja bagaimana partai2 yg ada di Nias Barat mengolah aspirasi yg sedang berhembus.
Saya ingin menambahkan sedikit sebagai masukan bagi partai politik menyeleksi Balon.

a. Balon berani membuat Pakta Integitas yg disertai mekanisme yg jelas untuk menagih janji politik itu.

b. Berjanji MENGHAPUS DT proyek Dan pungutan2 lain yg tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dan pelelangan proyek secara transparan.

c. Berkomitmen pada politik anggaran, dimana anggaran harus diarahkan pada prioritas kebutuhan rakyat dan membuka peluang untuk pengembangan dan pembngunan. Misalnya, Jalan, pertanian, kelautan, kesehatan, dll.

d. Mengumpulkan rekam jejak balon, sejauhmana  balon sungguh2 memiliki hati untuk Nias Barat, tenga samawukaisi ba soya zazi ba simane fohalöwö waku. Yaahowu. (Team)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK