Kadis Pariwisata Buka Acara Festifal Budaya Di Puncak Somomo - Gelora Hukum
IKLAN

Breaking

Senin, 17 April 2023

Kadis Pariwisata Buka Acara Festifal Budaya Di Puncak Somomo

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan olahraga, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si

NIAS BARAT, GELORA HUKUM - Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan olahraga, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si,.Membuka Resmi Festival Budaya Di Puncak Harmoni Somomo, Bersama Pimpinan OPD lainya, Camat Mandrehe Farianus Gulo.,SPd.,MM.,di Desa Lologolu,yang di Ikuti Berbagai perlombaan Budaya adat dilingkup Kabupaten Nias Barat. Pada hari Jumat 14 April 2023.

April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si Sebagai Kepala Dinas, Pasal 29 ayat 3 huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pariwisata Nasional, menyatakan bahwa strategi untuk pengembangan potensi, kapasitas dan partisipasi masyarakat dilaksanakan dengan memberdayakan potensi dan kapasitas masyarakat lokal dalam pengembangan Kepariwisataan. Dan salah satu pengembangan potensi sumber daya lokal melalui Desa Wisata.

Pengembangan Pariwisata melalui Desa Wisata menjadi satu upaya yang strategis dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan daerah, dengan menjadi 
wadah lahirnya UMKM dan komunitas ekonomi masyarakat desa yang inovatif dan unik.

Pemerintah Kabupaten Nias Barat turut serta dalam pengembangan potensi lokal  sebagaimana yang diamanatkan. Pada tanggal 12 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan Launching Desa Wisata berlokasi di Puncak Harmoni Somomo Desa Lologolu yang menetapkan 16 desa potensial menjadi desa wisata. Dan saat ini, Kabupaten Nias Barat memiliki berjumlah 16 Desa Wisata, yang termasuk klasifikasi Desa Wisata. 

Sebelum Kadis Akhiri menyampaikan Pantun : Pergi ke Pasar Membeli Pepaya Pepayanya manis seperti karya seni Puncak Harmoni Somomo semakin Jaya Satu Hati Dalam Harmoni 

Yel yel Pariwisata.
Desa Wisata…Bangkit …!!!!

Camat Mandrehe Farianus Gulo.,SPd.,MM., menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Lologolu dan jajaranya terlebih khususnya kepada seluruh pihak terkait dalam pengembangan dan pengelolaan 
Desa Wisata Lologolu ini, yang telah menunjukkan semangat dan kreativitas untuk mengembangkan potensi lokal desa.

Bahkan Pemerintah Desa Lologolu berhasil melaksanakan suatu kegiatan yang mendorong bangkitnya pengembangan Desa Wisata, yaitu kegiatan Festival Budaya ini yang di ikuti 9 sembilan sekolah di wilayah kabupaten Nias Barat yang di laksanakan Mulai 14 April sampai 16 April 2023.

Kades Lologolu Saver Gulo mengharapkan kepada panitia dan seluruh aparat pemerintah desa, tokoh pendidikan, tokoh agama,tokoh adat, dan pemuda dan seluruh masyarakat luas Puncak Harmoni Somomo kita harus mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional, menjaga keberlanjutan potensi lingkungan serta meningkatkan keterbukaan masyarakat dalam menerima perkembangan tren pariwisata yang berpadanan dengan karakter budi luhur kita.

Beberapa catatan yang perlu kami sampaikan sebagai pembenahan kepada Pemerintahan Desa Lologolu, dalam hal ini Pengelola BUMDes atau POKDARWIS, antara lain: Penyediaan kuliner, souvenir,akomodasi dan daya tarik tambahan lainnya untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggalnya wisatawan serta memberikan jaminan keamanan dan ketertiban bagi pengunjung. 
 
Ketua Panitia  puncak Harmoni Somomo Jungforisman Gulo mengatakan Kepada kita semua ini Momentum pengembangan kepariwisataan berbasis desa ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan daya tarik wisata berkarakter khas dan local desa, demi peningkatan ekonomi dan daya saing daerah. 

Maka hari ini, dengan semangat bangkit bersama dan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan Festival Budaya Hari Ulang Tahun Ke-2 sekaligus Launching Tiket Masuk Puncak Harmoni Somomo dengan ini kami nyatakan "Resmi" Dibuka untuk "Soguna Bazato". (Firman Kecap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK