Presiden Rusia Sambut Hangat Presiden RI Jokowi - Gelora Hukum
IKLAN

Breaking

Rabu, 29 Juni 2022

Presiden Rusia Sambut Hangat Presiden RI Jokowi

Presiden RI, Jokowi dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan) berbincang disela upacara penandatanganan seusai pertemuan di Sochi, Rusia, Rabu (18/5). 

JAKARTA, GELORA HUKUM - Bawa Misi Stop Perang, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menggelar pertemuan terbatas dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (29/6/2022)

Dalam rangkaian kunjungan kerja ini Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin, pertemuan tersebut  setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman

Jokowi akan terbang lebih dulu ke Ukraina menemui Presiden Zelensky. "Saya akan mengunjungi Ukraina, bertemu Presiden Zelensky," tulis Jokowi dalam cuitannya di akun twitternya, @jokowi, dikutip di Jakarta, Minggu (26/6/2022).

Setelah bertemu dengan Zelensky, Jokowi akan terbang ke Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. "Lalu ke Rusia menemui Presiden Vladimir Putin," tulisnya.

Pada dua pertemuan terpisah itu, Jokowi membawa satu misi yang sama, meminta kedua negara untuk menghentikan perang yang dimulai pada akhir Februari 2022, sebab, perang yang terjadi telah menyebabkan berbagai dampak yang dirasakan hampir di semua negara.

"Saya mengusung misi; mengajak kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang," kata Jokowi.

Perang antara Rusia dan Ukraina telah mengganggu momentum pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi mereda. Gangguan rantai pasok yang terjadi akibat pemulihan ekonomi yang tidak merata di setiap negara membuat harga-harga komoditas naik.

Kondisi tersebut kemudian diperparah dengan dampak perang Rusia dan Ukraina. Dua negara penyuplai energi utama bagi negara-negara di dunia, khususnya Eropa.

Secara khusus Rusia pun menjadi negara eksportir pupuk dunia, tidak kurang 20 persen kebutuhan pupuk dunia berasal dari Rusiaak, kondisi tersebut membuat harga pangan dan energi melonjak.

Setelah menunaikan misinya, Jokowi akan terbang lagi ke Uni Emirat Arab (UEA), untuk melanjutkan pembahasan terkait kerja sama Indonesia-UEA.

"Setelah itu saya ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerjasama ekonomi dan investasi antar kedua negara," kata dia.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo memastikan pihaknya akan memberikan pengamanan ekstra ketat terhadap Presiden Jokowi dan rombongan Istana yang bertolak dari Jakarta.

Sumber: Liputan 6
Reporter : E2R/ FK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK