Kadus 3 Aramba: Kades Tetehosi Kebiri Wewenang Pemdes Fadoro - Gelora Hukum

Breaking

Jumat, 05 Juni 2020

Kadus 3 Aramba: Kades Tetehosi Kebiri Wewenang Pemdes Fadoro

Timoteo Hia, Kadus 3 Aramba Desa Fadoro
NIAS BARAT, GELORA HUKUM - Kepala Dusun 3 Aramba Desa Fadoro Timoteo Hia, S.Pd protes keras tindakan kepala Desa Tetehosi Kec. Mandrehe dengan
sepihak mengesahkan transaksi surat jual beli kebun warga yang tidak berada diwilayah Desanya, tetapi di wilayah hukum Desa Fadoro Kecamatan Mandrehe, apa lagi tanpa koordinasi sedikitpun kepada kami dari unsur Pemerintahan Desa Fadoro.

Lanjut Timoteo, tindakan kades tersebut sangat disayangkan, bahkan dengan unsur kesengajaan mengebiri dan merampas hak hak Pemerintahan Desa kami, karena nyata nyata kebun yang diperjual belikan itu berada dalam wilayah Hukum Desa Fadodo, tetapi olehnya bertindak sebagai yang mengetahu mengesahkan surat jual beli tersebut kapasitas sebagai Kepala Desa Tetehosi, urai Timo kesal.

Dengan ini kami atas nama  pemerintah  Desa Fadodo mengajukan keberatan dan memohon kepada Bapak Bupati Nias Barat dan institusi terkait, agar kades Tetehosi tersebut dapat diberikan pembinaan, agar dikemudian hari tidak terjadi kejadian seperti ini, apa lagi batas batas wilayah Desa telah ditetapkan sebelumnya, sehingga kami merasa heran Kades Tetehosi ini begitu berani melakukan Perbuatan brutal seperti itu, dari itu kami mohon agar mempertimbangkan untuk membuat sertifikat atas kebun yang diperjual belikan ini, sebelum masalah ini diselesaikan terlebih  dahulu, tandas Timo mengakhiri.

Melalui Via telepon seluler Sukino Gulo (Kades Tetehosi) mengakui bahwa pertapakan Tanah yang diperjual belikan itu benar berada di wilayah Desa Fadoro, dan saya berhak menandatangani surat surat jual beli tersebut sebagai Kades Tetehosi karena pihka penjual adalah warga Desa Tetehosi, bahkan bila ada warga saya yang berada di Gunungsitoli atau di Jakarta sekipun melakukan transaksi jual beli tanah/kebun, saya yang berhak untuk menandatangani. (Emanuel G)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK