Kementrian Komunikasi Dan Informatika, Bangun Akses Internet Ditagaule - Gelora Hukum

Breaking

Rabu, 20 November 2019

Kementrian Komunikasi Dan Informatika, Bangun Akses Internet Ditagaule

NIAS, GELORA HUKUM - Berkat Kementerian Komunikasi dan Informatika, masyarakat Nias yang berwisata di daerah Pantai Tagaule Onolimbu, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias bisa menikmati akses internet gratis.(13/11)

Akses internet gratis tersebut berasal dari program Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.

Menurut teknisi, Ikhwan Tirta Telaumbanua yang ditemui di lokasi pemasangan alat internet tersebut menjelaskan radius capaian jaringan internet yaitu 50 meter hingga 100 meter persegi dan aktif selama 24 jam asal ada listrik.

Namun angguan cuaca dapat mempengaruhi kualitas jaringan, untuk itu jika ada gangguan teknis pada alat ini diminta dinas terkait dapat memberikan keluhan berupa laporan tertulis atau melalui telepon kepada Kementerian Kominfo,” kata Ikhwan. Rabu (13/11).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase menjelaskan, jumlah akses internet gratis yang di terima Kabupaten Nias sejak 3 tahun terakhir yaitu dari tahun 2017 hingga sekarang berjumlah 30 unit.

Pada tahun 2017 kita mendapatkan 3 unit yang dibangun di lokasi SMPN 1 Hiliduho, Puskesmas Gido dan Kantor Camat Bawolato, sedang tahun 2018 kita mendapatkan 20 unit yang di bangun di 7 SMP, 7 Puskesmas, dan 6 Kantor Camat, sedangkan untuk tahun 2019, kita mendapatkan 7 unit yang di bangun di Kantor Desa Lasara Siwalubanua Mau, Desa Honu, Desa Tulumbaho Kecamatan Sogae’adu, Desa Lolozasai, Lasara Idanoi, Hiliweto Kecamatan Gido serta di lokasi Wisata Pantai Tagaule Onolimbu,” jelas kadis.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo Kabupaten Nias menjelaskan jika bantuan BAKTI Kementerian Kominfo ini masuk Kabupaten Nias berkat usulan Bupati Nias.

Usai menerima secara simbolis unit internet gratis yang di pasang di lokasi Wisata Pantai Tagaule Onolimbu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Kharisman Halawa mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo atas bantuannya melalui program BAKTI Kominfo. Saya mengharapkan agar alat ini dapat di gunakan sebaik baiknya oleh masyarakat Nias,” ucap Kadis.

Menanggapi pertanyaan wartawan terkait keamanan fasilitas tersebut, Kadis menjawab bahwa pihaknya telah menyediakan dua orang yang menjaga lokasi wisata tersebut dan sekaligus akan menjadi fasilitator internet gratis itu.

Dilokasi ini kita sudah menyediakan 2 orang pekerja, yaitu satu untuk kebersihan dan yang kedua satu orang  untuk menjaga keamanan dan fasilitator yang ada di lokasi pariwisata ini,” terang Kharisman Halawa.(Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK