RINDU PEMIMPIN VISIONER DAN BERINTEGRITAS - Gelora Hukum

Breaking

Senin, 09 September 2019

RINDU PEMIMPIN VISIONER DAN BERINTEGRITAS

Oleh: Romo A Aron Waruwu, OSC
NIAS BARAT, GELORA HUKUM - Gairah politik mulai menngeliat di Kabupaten Nias Barat saat ini. Pembicaraan di tengah masyarakat mengarah pada situasi politik menjelang Pilkada 2020. Satu persatu nama Putra Daerah Aekhula dibingkai dalam konstelasi bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan datang. 

Semakin menarik lagi, kekuatan partai politik di Nias Barat otomatis dipetakan bagaimana menjadi kendaraan politik  para bakal calon. Kita tunggu saja bola es menggelinding shg  terbentuk   komitment. 

Saya lebih tertarik ikut nimbrung mengenai sosok ideal yang akan menjadi pemimpin di NIas Barat ke depan.

Kondisi daerah Nias Barat saat ini bagaikan anak yang bertumbuh menuju dewasa.  Butuh figur yang  ulet  merawat dan membimbing menuju kematangan alias dewasa.  Demikian juga daerah Aekhula ini merindukan figur 'ibu' yang patut menjadi teladan  (berintegritas) sekaligus  penunjuk arah yg jelas menuju kesejateraan Nias Barat (Visioner).

Secara kasat mata, kita bisa menyebutkan beberapa hal.  Mau dibawa kemana  mutu pendidikan kita? Pelayanan kesehatan sejauhmana memiliki hati untuk masyarakat yang sakit, mulai dari edukasi kesehatan hingga tindakan kuratif. Saya lihat kedua bidang ini saja masih sibuk mengurus administrasi bahkan lebih 'lucu' lagi ada indikasi kesalahan yg menjurus penyelewengan.

Pembangunan jalan antar kecamatan, jalan desa ke desa dan jalan lain sudah mulai kelihatan. Tetapi akhir2 ini seperti macet pembangunanya, entah krn anggaran tidak ada,  atau ada masalah lain. Kebijakan untuk mengembangkan pertanian semakin kehilangan arah : sektor pertanian apa yg menjadi unggulan  Nias Barat dan bagaimana dituangkan dalam politik anggaran? Masih banyak lagi yg bisa kita sebutkan. Namun pertanyaan kritisnya :  Bagaimana Wajah Nias Barat  yg hendak kita bangun?

Berdaya adalah slogan yang dipakai saat ini.  Berdaya dalam hal apa? apakah terukur dan ada indikasi pemberdayaannya?

Menurut saya, Nias Barat membutuhkan pemimpin di  daerah ini yang VISIONER dan BERINTEGRITAS, pemimpin Visioner  ialah orang yang mampu melihat serta merumuskan harapan, cita2 dan peningkatan kesejateraan masyarakat Aekhula  seraya menggerakan semua SDA dan SDM  yang ada untuk mewujudkan hal itu secara terencana dan terukur.

Kalau tidak demikian, pemimpin baru nanti akan menggunakan legitimaai  rakyat  untuk menjual mimpi indah saja demi kepentingannya.

Rakyat tetap jadi penonton yang megap-megap kehausan. Pemimpin Berintegritas adalah seorang pemimpin yg konsisten antara ucapan dan tindakannya sejalan.

Janji politik, janji kampanye, visi-misinya,  terintegrasi dalam situasi batiniah,  moralitas, kebijakan, politik anggaran dan pribadinya yg mumpuni. Tenga nifolela mboroe. Kalau tidak demikian, kita akan bertemu dengan pemimpin yang manis si mulut aja, siang hari jadi orang suci malam hari jadi penjahat, "Ha huo-huo manö" dalam ungkapan Bahasa Nias.

Akan semakin banyak terbentuk pribadi penipu dan lihai bermanipulatif, serigala berbulu domba. 

Wahai kita rakyat Nias Barat, ... mari kita 'melihat' siapa yang pantas dan layak menjadi pemimpin kita ke depan !!! HANIHA ZOLOLOHE TANGADA, SANGEHATA YA'ITA BA DANĂ– SONAINAI. Yaahowu. (Timred)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK