Pemkab Nias, Gelar Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas SDM - Gelora Hukum

Breaking

Sabtu, 07 September 2019

Pemkab Nias, Gelar Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas SDM

NIAS, GELORA HUKUM - Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas SDM Lembaga Budaya/Sanggar Budaya di Kabupaten Nias Tahun 2019, bertempat di Gedung Serbaguna Salak Madu, (07/08)

Dalam Seminar tersebut mengangkat Tema yakni “Lembaga Budaya dan Sanggar Kuat, Kebudayaan Maju dan Lestari”.

Kepala Dinas Periwisata Kabupaten Nias, Kharisman Halawa menyampaikan maksud pelaksana kegiatan seminar nasional tersebut untuk memotivasi dan mendukung peningkatan kapasitas SDM lembaga budaya.

Adapun peserta antara lain Kepala OPD terkait Lingkup Pemkab Nias; pengurus dan anggota lembaga budaya Nias (LBN); pengurus dan anggota sanggar budaya Kabupaten Nias; sanggar budaya ditingkat Kecamatan, Desa dan sekolah diwilayah Kabupaten Nias; pimpinan PTS dan akademisi di kabupaten Nias, budayawan, seniman, musisi, instruktur, dan pelatih sanggar, pelaku dan pemerhati budaya, tokoh masyarakat, ada dan agama, ketua dan anggota PKK kabupaten Nias; ketua dan anggota DWP kabupaten Nias; guru dibidang seni budaya; mahasiswa dan tokoh kepemudaan, serta para insanPers.

Sementara sebagai Nara sumber yakni Yayuk Sri Budi Rahayu (Kasubdit diplomasi budaya dalam negeri dirjen kebudayaan kemendiknas RI); Pdt.Dr. Tuhoni Tel, M.Si (Ephorus BNKP) dan Pastor Yohanes Hammerlep, OFM CAP (ketua yayasan pusaka Nias).

Dalam arahan Bupati Nias Drs.Sokiatulo Laoli, MM menyampaikan,  terselenggaranya kegiatan seminar nasional ini merupakan wujud nyata bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah pusat melalui direktorat warisan dan diplomasi budaya dirjen kebudayaan kementerian pendidikan dan kebudayaan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Nias dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM lembaga budaya/sanggar budaya sebagai sumberdaya manusia kebudayaan di daerah Nias.

Lanjutnya, Melalui kegiatan seminar nasional peningkatan kapasitas SDM lembaga budaya/sanggar budaya ini sangat diharapkan nantinya dapat dihasilkan beberapa rumusan rekomendasi penting dan strategis untuk dapat kita jadikan sebagai bagian arah kebijakan dalam perencanaan pembangunan daerah khususnya dibidang pemajuan kebudayaan pada masa kini maupun masa mendatang (jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang) yang dapat diintegrasikan dengan program pembangunan ditingkat provinsi maupun nasional.” Harap Bupati

Pemerintah Kabupaten Nias dalam memajukan kebudayaan daerah sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, maka kami telah teapkan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Nias melalui Keputusan Bupati Nias Nomor 430/633/K/Tahun 2018 tentang Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Nias. "tandas bupati mengakhiri. (Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK