Festival Film Indonesia Siap Digelar, 200 Film Siap Berebut Piala Citra 2019 - Gelora Hukum

Breaking

Senin, 23 September 2019

Festival Film Indonesia Siap Digelar, 200 Film Siap Berebut Piala Citra 2019

JAKARTA, GELORA HUKUM - Komite Festival Film Indonesia (FFI) siap meluncurkan Piala Citra 2019 di The Tribrata,  Jakarta Selatan. Seperti tahun sebelumnya, penghargaan Piala Citra ini tetap mengusung tema besar Film Bagus,  Citra Indonesia.  Penghargaan  Piala Citra adalah ikhtiar bersama mencari,  memilih,  mempromosikan film-film dan kerja artistik terbaik sepanjang tahun yang dapat mempresentasikan pencapaian tertinggi perfilman Indonesia di tingkat nasional dan lingkup dunia. 

Lukman Sardi, Ketua Komite FFI 2019 yang juga aktor kondang itu mengatakan, perkembangan film Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun, baik kualitas maupun kuantitas, seiring peningkatan jumlah penonton yang sangat signifikan. 

Menurut Lukman Sardi, dalam satu tahun ini saja ada sekitar 200 film nasional yang ditayangkan di bioskop Indonesia. Sementara jumlah penonton sudah melebihi 50 juta orang setiap tahunnya.

"Jadi, industri film kita itu luar biasa," kata Lukman Sardi berbincang di Aria Ballroom, The Tribrata,
Jalan Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019) malam.

Serangkaian kegiatan rangkaian pergelaran Piala Citra 2019 yang merupakan gelaran FFI ke-39 sejak digelar pertama pada 1955 akan digelar.

Salah satunya adalah pemutaran film di berbagai lokasi sekitar stasiun MRT di Jakarta.

Dibentuk pula Duta Piala Citra yang akan melakukan kampanye perfilman Indonesia ke masyarakat.

Mereka adalah para peraih Piala Citra di penyelenggaraan FFI sebelumnya, seperti Laura Basuki, Tara Basro, Chicco Jericho dan Gading Marten.

Bersama Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lukman Sardi juga akan mengevaluasi penyelenggaraan FFI, terutama penilaian supaya menghasilkan film berkualitas baik.

"Tugas pertama Komite FFI pertama ini membentuk fondasi. Perlu proses, tapi kami memastikan akan memperkuat organisasi agar lebih rapi," kata Lukman Sardi.

Tiga Penilaian:
Di Piala Citra 2019, ada tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, yakni gagasan dan tema, kualitas estetika, serta profesionalisme.

Film yang berhak mengikuti seleksi adalah film yang telah diputar di bioskop Indonesia periode Oktober 2018 hingga 30 September 2019.

Tim kurasi berasal dari kalangan akademisi, jurnalis dan pekerja film.

Para kurator tersebut nantinya menyeleksi seluruh film yang lulus sensor dan ditayangkan di bioskop di Indonesia untuk dikerucutkan menjadi 30 hingga 50 film.

"Film-film terpilih akan dinilai asosiasi profesi untuk menetapkan nominasi dalam beberapa kategori," jelas Lukman Sardi.

Pemilihan pemenang kemudian akan dilakukan dengan mekanisme voting oleh anggota FFI dan diumumkan pada November 2019.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan sangat mengapresiasi terselenggaranya Festival Film Indonesia 2019. 

Pemerintah akan berkomitmen memberi dukungan kepada para pelaku seni khususnya film dan musik. Mengingat Indonesia yang sangat beragam kultur, budaya dan sosial sangat tepat di angkat melalui film. 

Nilai-nilai keberagaman itu bisa menjadi bahan pembelajaran kepada masyarakat Indonesia. (Edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK