Kepala Dinas Kependudukan Kab. Nias Bantah Persulit Masyarakat - Gelora Hukum

Breaking

Kamis, 29 Agustus 2019

Kepala Dinas Kependudukan Kab. Nias Bantah Persulit Masyarakat

MARTAHANI D. MATONDANG, SH (Kadis Kependudukan Kab.Nias) disaat menerima team Investigasi Media GELORA-HUKUM Kab.Nias
NIAS, GELORA HUKUM - Terkait isu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Kab. Nias serta beberapa akun fecebook akhir akhir ini bahwa Dinas kependudukan Kab.Nias terkesan mempersulit masyarakat, termasuk dalam pengurusan akta lahir, kartu keluarga, surat pindah, akta nikah, dan lain sebagainya, dinaskatanya Dinas kependudukan meminta persyaratan diberbagai urusan yang sulit untuk di lengkapi.

Diruang kerjanya Ibu Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Nias MARTAHANI D. MATONDANG, SH, (27/08/2019) kepada Team Media Gelora Hukum menjelaska, informasi yang berkembang tersebut "Tidak Benar" kami tidak pernah mempersulit masyarakat Kabupaten Nias dalam berbagai urusan mereka disini, bahkan kami sangat membantu ketika persyaratannya sudah lengkap.

Kalau soal persyaratan yang kami minta dari dinas kependudukan Kab.Nias bukan yang kami buat-buat, tetapi persyaratan yang kami sampaikan kepada mereka berdasarkan ketentuan serta aturan yang telah di tentukan pada setiap pengurusan tersebut, dan persyaratan itu di minta agar semua berkas masyarakat mulai dari kartu keluarga, KTP, Akta lahir, Akta Nikah serta surat lainnya tersesuaikan.

Lanjutnya, bagaimana mungkin kami tidak mengembalikan berkas kalau tidak lengkap untuk di lengkapi, sebagai contoh yangysering kami temukan, ada yang mengurus Akta lahir, ibunya meninggal tahun 1969, sementara anaknya yang mengurus Akta lahirnya tertuang tanggal lahirnya tahun 1970, itukan tidak masuk akal, manamungkin ibunya duluan meninggal baru dia lahir, kalau kejadian seperti ini terpaksa berkas tersebut kami pulangkan untuk di lengkapi serta kami meminta dokumen pendukung yang bisa memastikan tanggal lahirnya sebenarnya.

Saya akui memang kadang lambat siap berkas yang di urus, tetapi bukan karena kelalaian kami untuk tidak cepat mengerjakannya atau sengaja memperlambat, tetapi ratusan dokumen masyarakat masuk setiap harinya untuk kami periksa dan selidiki betul-betul termasuk kesolitan huruf, apakah persyaratannya sudah lengkap, kerena terkadang masyarakat asal sudah membuat surat saja, dan selain di periksa anggota saya, ketika sampai di meja saya maka satu persatu lembaran berkas itu saya harus teliti kembali dan baru saya tanda tangani, karena penanggung jawab akhir pada berkas masyarakat itu adalah saya, dan kami melakukan penelitian berkas tersebut agar semua dokumen keluarga masyarakat Kab.Nias tidak ada kesalahan dan itu bukan demi kami tetapi demi langkapnya dokumen keluarga masyarakat Kab.Nias agar kedepan mereka tidak kewalahan.

Kalau memang ada masyarakat yang masih belum paham tentang persyaratan itu, bisa datang langsung ke Dinas Kependudukan untuk menanyakannya bahkan mereka pun datang di ruangan saya untuk menanyakan maka tidak tertutup kemungkinan, urai ibu kadis.


di tambahkan, pada pengurusan surat-surat masyarakat, kami di dinas kependudukan Kab.Nias tidak pernah meminta berupa uang, selain yang kami minta adalah persyaratan pada pengurusan itu tolong di lengkapi, dan kalau ada anggota saya yang meminta uang kepada masyarakat, saya langsungsung pecat, "tegas ibu kadis mengakhiri. (Makmur Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSOK